Rifai, Arpiyan (2016) STUDI MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMK N 2 BAWANG TAHUN 2011. S1 thesis, U N Y.
|
Text
ARPIYAN RIFAI 07518241004.pdf Download (732kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penerimaan peserta didik baru SMK N 2 Bawang ditinjau dari (1) keefektifan promosi PPDB, (2) keefektifan fungsi manajemen PPDB, (3) efisiensi PPDB, (4) kualitas layanan PPDB (menurut persepsi siswa kelas X), (5) Mengetahui pengaruh antara keefektifan promosi PPDB dengan efisiensi PPDB. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto. Responden panitia adalah sejumlah 25 orang dan siswa kelas X sejumlah 72 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, pedoman wawancara dan dokumen. Uji validitas instrumen menggunakan analisis butir dengan Pearson correlation. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa (1) instrumen untuk mengukur variabel 1 sejumlah 13 butir, 2 butir dinyatakan tidak valid, (2) instrumen untuk mengukur variabel 2 sejumlah 20 butir, 1 butir dinyatakan tidak valid, (3) instrumen untuk mengukur variabel 3 Sejumlah 15 butir, 1 butir dinyatakan tidak valid, (4) instrumen untuk mengukur variabel 4 Sejumlah 28 butir, 5 butir dinyatakan tidak valid. Pengujian reliabilitas instrumen dilakukan dengan internal consistency, dan dianalisis dengan Alpha cronbach. Hasil uji reliabilitas intrumen menunjukkan bahwa semua butir instrumen dinyatakan reliabel. Analisis validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan menggunakan komputer program SPSS 16. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan teknik statistik parametris dengan teknik pengujian Pearson Correlation serta uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keefektifan promosi PPDB termasuk kategori baik, dengan tingkat keefektifan sebesar 79% dari keefektifan yang diharapkan, (2) keefektifan manajemen PPDB termasuk kategori baik, dengan tingkat keefektifan sebesar 80% dari keefektifan yang diharapkan, (3) efisiensi manajemen PPDB termasuk kategori baik, dengan tingkat efisiensi sebesar 80% dari efisiensi yang diharapkan, (4) kualitas layanan penerimaan peserta didik baru termasuk kategori baik, dengan tingkat kualitas layanan sebesar 77,9% dari kualitas layanan yang diharapkan, (5) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keefektifan promosi PPDB dengan efisiensi PPDB, keefektifan promosi PPDB dapat mempengaruhi efisiensi PPDB sebesar 77,2 %. Sedangkan sisanya 22,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan promosi, keefektifan manajemen, efisiensi manajemen, kualitas pelayanan |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 07:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38043 |
Actions (login required)
View Item |