LAPORAN PRAKTIKPENGALAMANLAPANGAN UNIVERSITASNEGERIYOGYAKARTA 2014 DISEKOLAHDASARNEGERIADISUCIPTO2

AnjarKumayasari, AnjarKumayasari (2014) LAPORAN PRAKTIKPENGALAMANLAPANGAN UNIVERSITASNEGERIYOGYAKARTA 2014 DISEKOLAHDASARNEGERIADISUCIPTO2. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
sub cover, hal pengesahan, kt pgantar, daftar isi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I II III.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu ketrampilan kependidikan yang diperoleh di kampus kemudian dikembangkan mahasiswa di lokasi PPL. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini yaitu merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu meningkatkan potensi, bakat, dan minat siswa yang berguna untuk menunjang proses belajar mengajar; membantu meningkatkan kondisi sekolah yang mendukung proses belajar mengajar; mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan/atau tenaga kependidikan, dalam hal ini adalah mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pembuatan RPPdanpengembangan media pembelajaran. PPL merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung dan melakukan pengamatan secara langsung. Dalam hal ini sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SD N Adisucipto 2. Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang masing-masing 10 kali pertemuan. Setelah melaksanakan praktik mengajar, maka didapatkan hasil bahwa siswa SD N Adisucipto 2 rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang baik. Dalam mewujudkan output yang baik, pihak sekolah menjalankan lembaganya secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, melengkapi sarana dan prasarana serta tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 08:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37948

Actions (login required)

View Item View Item