LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

ETIK RATNAWATI, ETIK RATNAWATI (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
awalan.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan perpaduan kegiatan yang bertujuan untuk 1) mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan, 2) mengembangkan potensi mahasiswa dalam pembelajaran teori, 3) mengembangkan potensi mahasiswa dalam pembelajaran praktik, 4) mengembangkan potens imahasiswa dalam membuat perangkat pembelajaran yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Handout, jobsheet, dan evaluasi. Penempatanmahasiswa di lokasi PPL diharapkan mampu memotivasi mahasiswa dan sekolah dalam usaha mengembangkan segala potensi yang dimilikinya dan mengenal situasi ketika nantinya mahasiswa terjun dalam dunia kerja yang nyata. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014 di SMK N 6 Yogyakarta, mahasiswa praktikan memperoleh tugas melaksanakan praktik mengajar di dalam kelas. Guru member bimbingan disetiap pelaksanaan pengajaran supaya kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan serta peserta didik dapat mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Dalam rangkaian kegiatan PPL yang dilaksanakan banyak kegiatan yang telah dilakukan. Diawali dengan observasi lapangan, observasi kelas, dan identifikasi segala permasalahan serta kendala yang dimiliki kelas dan sekolah melalui berbagai diskusi lalu dilanjutkan koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Persiapan yang perlu dilakukan sebelum melaksanaka npraktik mengajar, antara lain: rancangan program PPL, persiapan materi pelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, persiapan metode dan media pembelajaran. PPL dilakukan kurang lebih 5 kali pertemuan dengan 3 RPP. Sedangkan proses pembelajaran meliputi membuka pelajaran, penyajian materi, metode pembelajaran, model pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, menutup pelajaran. Terlaksananya kegiatan PPL di SMK N 6 Yogyakarta tentunya banyak member pengalaman kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa diharapkan dapat memetik hikmah dan menambah wawasan akan dunia kerja yang akan ditempuh. Dengan hal tersebut tentunya mahasiswa akan lebih tangguh dan mampu bersaing dengan kualitas terbaik

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mahasiswa, praktik mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37845

Actions (login required)

View Item View Item