LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMAN 7 YOGYAKARTA Jl. MT. Haryono 47 Yogyakarta Telp.(0274) 377740 Fax. (0274) 378333

Rini Sulistyowati, Rini Sulistyowati (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMAN 7 YOGYAKARTA Jl. MT. Haryono 47 Yogyakarta Telp.(0274) 377740 Fax. (0274) 378333. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Kata pengantar.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - III.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Program kegiatan PPL di SMA Negeri 7 Yogyakarta, merupakan salah satu ajang bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 24 Februari 2014 (tahun ajaran baru 2014/2015) untuk melakukan observasi dan diakhiri pada tanggal 17 September 2014. Observasi tersebut meliputi observasi sekolah dan juga terhadap pembelajaran di dalam kelas, praktikan juga berusaha mencari informasi dari guru mata pelajaran kimia mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung. SMA N 7 Yogyakarta baru pertama kali menggunakan kurikulum 2013, sehingga praktik harus menyesuaikan proses pembelajaran, RPP dan silabus sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk mengajar semua kelas XI Mia, yang jumlahnya ada 6 kelas. Dari 6 kelas tersebut dibagi menjadi dua, karena jumlah mahasiswa dari jurusan Pendidikan Kimia berjumlah 2 orang. Sehingga masing-masing praktikan memegang 3 kelas XI setiap minggunya, dan guru pembimbing memperbolehkan adanya kegiatan pendampingan untuk pengajaran bagi semua kelas XI Mia. Guru pembimbing memperbolehkan mahasiswa untuk mengajar bergantian di kelas XI, sehingga meskipun kami tidak mengajar tetapi kami tetap masuk ke kelas XI untuk melakukan Team Teaching dengan teman satu jurusan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, observasi kelas, kegiatan belajar mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 00:49
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37798

Actions (login required)

View Item View Item