LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA Jalan M.T. Haryono 47, Yogyakarta

Hani Nur Indah Sari, Hani Nur Indah Sari (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA Jalan M.T. Haryono 47, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER LAP PPL HANI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-III.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 7 Yogyakarta, merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Selain itu, sebagai salah satu ajang dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah khususnya di dalam kelas dan laboratorium. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan bantuan nonfisik dalam merencanakan dan melaksanakan program belajar mengajar di sekolah. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Program PPL di SMA Negeri 7 Yogyakarta, mulai diterjunkan pada tanggal 24 Februari 2014, pelaksanaan observasi pada bulan Maret, dan mulai efektif berkegiatan pada tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014 di Tahun Ajaran 2014/2015. Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Observasi tersebut meliputi observasi lingkungan sekolah dan pembelajaran di dalam kelas. Praktikan juga berusaha mencari informasi dari guru mata pelajaran kimia mengenai kondisi dan potensi peserta didik, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika KBM berlangsung. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap DPL PPL untuk menindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, seperti RPP, Program Tahunan, Program Semester, analisis jam efektif, Silabus, dan program kerja lainnya yang berkaitan dengan KBM di kelas yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kelas maupun sekolah. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat amanah untuk mengajar kelas XI MIA 1 sampai XI MIA 6. Praktikan diperbolehkan memegang semua kelas XI MIA dengan teknis bergiliran mengajar dan pendampingan di setiap minggunya pada kelas yang berbeda. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan program studi kimia. Berbagai macam kegiatan yang telah dilaksanakan oleh praktikan selama melaksanakan PPL adalah mengajar dan pendampingan kelas XI, PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik), mengawas Tes Peminatan kelas X, mengawas Tes Potensi Akademik kelas XII, HUT SMA Negeri 7 Yogyakarta, pengajian Nuzulul Qur’an, Syawalan, Upacara Bendera dan 17-an, membantu administrasi di ruang BK, dan piket mingguan. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah tersebut, diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, observasi kelas, kegiatan belajar mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:39
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37733

Actions (login required)

View Item View Item