LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) Lokasi : SMP NEGERI 2 TEMPEL

Septianingrum Sunaryo, Septianingrum Sunaryo (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) Lokasi : SMP NEGERI 2 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover (Repaired).pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1, 2, DAN 3.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk memberikan pengalaman dalam proses pembelajaran yang ditempatkan di SMP Negeri 2 Tempel. Hal ini untuk melatih dan mengembangkan berbagai kompetensi bagi seorang guru/tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 2 Tempel diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk membentukan tenaga pendidik yang siap memasuki dunia pendidikan, mempersiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, wawasan, dan keterampilan, sehingga mahasiswa nantinya dapat mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktik keguruan dan kependidikan. Kegiatan PPL yang dimulai pada tanggal 2 Juli – 17 Sepetember 2014 ini disatukan dengan kegiatan KKN di masyarakat. Oleh sebab itu diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman yang optimal dalam mengajar serta mengembangkan dunia pendidikan dan juga dapat bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan mulai tanggal 6 Agustus 2014 sampai dengan tanggal 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi jam kerja yang telah ditetapkan minimal 8 kali RPP dan 10 kali pertemuan dengan jumlah 200 – 254 jam, tetapi dengan waktu yang tersedia bisa memperoleh 18 kali pertemuan. Hasil selama kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Tempel yang di peroleh adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan pengelolaan kelas yang selalu menjadi pemasalahan utama saat pembelajaran berlangsung. Meskipun benar adanya mahasiswa tetap mencoba mensiasati agar pembelajaran efektif dan efesien.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jul 2016 01:11
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37675

Actions (login required)

View Item View Item