Tri Rokhimah, Tri Rokhimah (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1 COVER.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
2 BAB I.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
3 BAB II.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
4 BAB III dan daftar pustaka.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan rutin yang wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa jurusan pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan untuk pengembangan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Selain itu, PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL meliputi pembuatan perangkat pembelajaran, praktik mengajar, pengelolaan kelas serta evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran di kelas, diantaranya observasi kelas yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kelas baik siswa maupun lingkungan, silabus, RPP materi pembelajaran, media pembelajaran dan lain-lain. Dalam melakukan praktik mengajar di kelas, mahasiswa diberikan kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas VIII B dan VIII C sehingga mahasiswa memiliki pengalaman mengajar dengan kondisi siswa yang mempunyai perbedaan karakter. Pelaksanaan waktu praktik mengajar diambil dari jadwal mengajar guru pembimbing dengan alokasi waktu pembelajaran mata pelajaran Matematika yaitu 1 jam x 40 menit. Hasil dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berupa kemampuan mengajar di dalam kelas, pengalaman pembuatan perangkat pembelajaran, pengalaman pelaksanaan evaluasi pembelajaran, pengalaman mengelola kelas karakter siswa yang berbeda-beda, pengalaman menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang terkait misalnya dengan bapak/ibu guru serta karyawan sekolah. Selama kegiatan PPL berlangsung, tidak ada kendala-kendala yang berarti. Dalam pelaksanaan PPL, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan demi keberlangsungan jalannya kegiatan PPL diantaranya sarana dan prasarana pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan mengajar perlu ditambahkan baik kualitas maupun kuantitas, alat-alat peraga perlu ditambahkan agar tujuan dari pembelajaran dapat terpenuhi dengan baik. Komunikasi atau informasi dari LPPMP perlu dimaksimalkan lagi sehingga informasi bisa sampai dengan baik ke mahasiswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL 2014 telah terlaksana dengan baik. Keberlangsungan pelaksanaan program PPL ini tidak lepas dari adanya kerjasama dari berbagai pihak baik LPPMP, sekolah, mahasiswa, maupun siwsa siswi SMPN 2 Wates.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMPN 2 Wates, Pembelajaran. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 01:19 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37509 |
Actions (login required)
View Item |