LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DI SLB WIYATA DHARMA I TEMPEL

Erbi Bunyanuddin, Erbi Bunyanuddin (2014) LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DI SLB WIYATA DHARMA I TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL 2_ERBI BUNYANUDDIN.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_Erbi Bunyanuddin.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Praktek mengajar dilaksanakan sebanyak 14 kali pertemuan, dengan jumlah 10 pertemuan dibimbing guru dan 4 pertemuan mandiri tanpa bimbingan guru. Proses pelaksanaan praktek mengajar dilakukan dengan berbagai tahap yaitu observasi kegiatan, bimbingan dengan RPP, pembuatan RPP, mempersiapkan alat dan media pembelajaran, melaksanakan praktek, evaluasi kegiatan proses pembelajaran. Acuan yang digunakan adalah Kurikulum 2013 meskipun beberapa kelas lain masih menggunakan KTSP. Kendala yang dihadapi kedekatan siswa terhadap ibu masih tinggi, sehingga minta untuk ditunggu saat proses pembelajaran, dengan ibu di dalam ruangan berdampak pada sulitnya diatur dan segala permintaan harus dipenuhi oleh orang tua, tidak mau mengerjakan tugas dari guru, memakan makanan yang dibawa dari rumah pada saat pembelajaran sehingga mengganggu konsentrasi siswa yang lain, ketika satu anak sudah tidak ingin melanjutkan tugas yang diberikan guru, maka siswa lain akan ikut tidak melanjutkan melaksanakan tugas. Kesimpulan dari praktek lapangan adalah mehasiswa mendapatkan pengalaman untuk merancang, melaksanakan, hingga mengevaluasi proses pembelajaran, mahasiswa dapat lebih mengenal karakteristik anak tunarungu yang tanpa memiliki hambatan mental.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Acuan kurikulum, kendala praktek mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2016 00:50
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37491

Actions (login required)

View Item View Item