LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA

YUNI ASTUTI DWI SURYANI, YUNI ASTUTI DWI SURYANI (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL JUNI.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah PPL mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembanagan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandieian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Penyelenggaraan kegiatan PPL dilaksanakan untuk pengembangan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Sebagai dasar pengembangan program PPL mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing dan guru pembimbing yang dilatih serta mempunyai kualifikasi sebagai pembimbing PPL SMK PIRI 3 Yogyakarta berlokasi di Jl. MT Haryono 23 Pugeran Yogyakarta. SMK PIRI 3 Yogyakarta merupakan sekolah yang memiliki potensi cukup. Hal tersebut dapat dilihat dari sumber daya manusianya. SMK PIRI 3 Yogyakarta memiliki 146 peserta didik yang terdiriterdiri dari 3 kompetensi keahlian yaitu: KK Akuntansi, KK Administrasi Perkantoran dan KK Multimedia. Berdasarkan analisis situasi yang dilakukan pada SMK PIRI 3 Yogyakarta terhadap kondisi sekolah secara keseluruhan baik dari fisik, potensi peserta didik, guru dan karyawa, serta fasilitas yang sudah cukup disediakan sekolah maka mahasiswa kemudian merancang kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK PIRI 3 Yogyakarta yang terkait dengan kebutuhan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Pelaksanaan PPL ini penyusun dibimbing oleh guru pembimbing yang senantiasa memberikan arahan serta pengalamannya terkait dengan profesinya sebagai guru. Pengetahuan tidak hanya diberikan terkait mengenai pelaksanaan pembelajaran di kelas, namun juga mengenai penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang lengkap, baik, dan sesuai dengan kurikulum 2013. Pengalaman Praktik mengajar penyusun terlaksana dengan 14 kali mengajar di kelas X (KK Akuntansi, KK Administrasi Perkantoran dan KK Multimedia). Mahasiswa mengajar 2 kali tatap muka di kelas X untuk materi pelajaran Mengenal Kerajinan Tekstil, 3 kali tatap muka di kelas X untuk materi Ragam Hias Kerajinan Tekstil, 3 kali tatap muka di kelas X untuk materi Material Tekstil dan Bahan Pewarna Tekstil, 3 kali tatap muka di kelas X untuk materi konsep Membuat Kerajinan Dari Bahan Tekstil (Gelang) dan 3 kali tatap muka di kelas X untuk Praktek Membuat Kerajinan Dari Bahan Tekstil (Gelang). Praktik mengajar yang mahasiswa lakukan ditunjang dengan penggunaan metode yang sama serta media pembelajaran yang berbeda. Seluruh rangkaian kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah penyusun laksanakan telah memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan. Diharapkan program PPL UNY yang setiap tahun dilaksanakan akan semakin baik dengan prosedur serta pembagian kuota serta kebutuhan mahasiswa di sekolah yang lebih adil dan merata.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2016 00:40
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37484

Actions (login required)

View Item View Item