Pengembangan Modul Pembelajaran Hidup Sehat Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak

Nuria, Ratri (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Hidup Sehat Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratri-nuria-1471251001.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengembangkan desain modul pembelajaran hidup sehat, (2) Memvalidasi modul pembelajaran hidup sehat untuk anak usia TK B, (3) Mengetahui efektivitas modul pembelajaran hidup sehat pada anak usia TK B. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall, desain pengembangan tersebut meliputi: (a) Tahap studi pendahuluan, (b) Perencanaan penelitian, (c) Pengembangan produk awal, (d) Uji lapangan terbatas, (e) Revisi hasil uji lapangan terbatas, (f) Uji lapangan lebih luas, (g) Revisi hasil uji lapangan luas, (h) Kelayakan, (i) Revisi kelayakan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di TK WIDYA PURA Laweyan kota Surakarta. Instrument pengumpulan data menggunakan angket anak. Teknik analisis data dan uji keefektifan menggunakan uji t-paired sample dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tahap pengembangan modul meliputi perencanaan, mengumpulkan materi, desain modul, dan pencetakan. (2) Validasi modul dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli materi I, ahli materi II, dan ahli media. Hasil rerata penilaian oleh ahli materi I yaitu 4,73, ahli materi II didapatkan hasil 4, 81, dan ahli media diperoleh hasil rerata penilaian 4,21. Masing-masing nilai yang diberikan oleh ahli melalui angket dikonversikan ke data kualitatif skala 1 sampai 5 yang berarti “sangat baik” dan modul pembelajaran hidup sehat layak untuk diujicobakan. (3) Efektivitas modul pembelajaran hidup sehat dilihat dari hasil uji coba produk pada kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil uji coba modul pada kelompok kecil dengan subjek 5 anak TK B. Efektifitas modul dibuktikan melalui penghitungan hasil uji coba lapangan untuk mengetahui perbedaan nilai pretest dan posttest menggunakan uji t dengan jumlah subjek 27 anak TK kelompok B diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 yang berarti kurang dari standar signifikansi 0,05

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Perilaku Hidup Sehat, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:23
Last Modified: 09 May 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37431

Actions (login required)

View Item View Item