LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 3 KLATEN

Christina Astrilinda Purnomo, Christina Astrilinda Purnomo (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 3 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN DONE.pdf

Download (925kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan mempunyai tugas untuk menyiapkan calon tenaga kependidikanyang memiliki nilai,sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. Salah satu langkah yang dilakukan adalah memberikan pengalaman bagi mahasiswa melalui kegiatan Program Praktik lapangan (PPL).PPLmemberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menuangkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah pada situasi sesungguhnya yaitu di lembaga sekolah.Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk memberi bekal kepada mahasiswa untuk menjadi tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan.PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 yang berlokasi di SMA Negeri 3 Klaten, mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2014 sampai tanggal 17 September 2014.Kegiatan PPL meliputi praktik mengajar yang bersifat terbimbing dan mandiri.Praktikan menjalankan program mengajar sebanyak 12 kali pertemuan. Adapun rancangan dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),pembuatan catatan harian pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, dan pembuatan soal evaluasi serta analisisnya. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5. Selama melaksanakan PPL mahasiswa PPL tidak mengalami hambatan yang begitu signifikan, mahasiswa praktikan PPL dapat menjalin kerjasama yang cukup baik dengan guru pembimbing maupun pihak sekolah. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat merasakan langsung kegiatan pembelajaran dikelas dan kegiatan lain yang berhubungan dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Manfaat lain yaitu mahasiswa juga dituntut untuk lebih bertanggung jawab dengan peserta didiknya, bagaimana pengelolaan kelas dan membuat peserta didik dari yang belum mengetahui materi menjadi tahu. Mahasiswa juga memperoleh pengalaman yang sangat berharga, yang terkait dengan hubungan kekeluargaan yang sudah terjalin dengan para siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: KERJA KERAS!
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 06:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37411

Actions (login required)

View Item View Item