LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PGRI 1 SENTOLO

Masyhudi Lathif, Masyhudi Lathif (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PGRI 1 SENTOLO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MASYHUDI LATHIF-11202241044.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang bersifat wajib tempuh dan wajib lulus bagi mahasiswa S1 Kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan mendapatkan pengalaman langsung berkaitan dengan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Mahasiswa praktikan diharapkan menguasai kompetensi-kompetensi seorang pendidik seperti yang telah diamantkan oleh UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Kompetensi-kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan oleh praktikan di SMK PGRI 1 Sentolo. Alur kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran kepada guru pembimbing . Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas X Akuntansi, X Jasa Boga, dan XII Akuntansi dengan jumlah pertemuan sebanyak 10 kali. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua setengah bulan di SMK PGRI 1 Sentolo dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, mahasiswa praktikan dapat memahami kurikulum 2013 dalam segi pembuatan RPP, penerapan metode saintifik di kelas, dan metode penilaiannya. Kedua, mahasiswa praktikan dapat memahami dinamika praktik persekolahan di SMK PGRI 1 Sentolo. Ketiga, mahasiswa praktikan belajar menjadi seorang pendidik yang senantiasa dituntut untuk mengembangkan potensi pengetahuan dan keterampilannya melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalitas guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:42
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37359

Actions (login required)

View Item View Item