Evaluasi Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moral di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta

Nurhayati, Riana (2012) Evaluasi Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moral di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riana-nurhayati-10701251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) integrasi nilai moral pada kegiatan pembelajaran di SDIT Alam Nurul Islam, (2) integrasi nilai moral pada manajemen sekolah di SDIT Alam Nurul Islam, (3) integrasi nilai moral pada kegiatan pembinaan kesiswaan di SDIT Alam Nurul Islam, (4) mengetahui efektivitas dari mengintegrasikan penanaman nilai moral di SDIT Alam Nurul Islam. Penelitian kualitatif dengan pendekatan goal free evaluation digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Objek penelitian adalah evaluasi strategi penanaman nilai-nilai moral di SDIT Alam Nurul Islam. Keabsahan data ditentukan dengan cara: observasi secara terus-menerus, triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Cara SDIT Alam Nurul Islam mengintegrasikan nilai moral dalam kegiatan pembelajaran sudah tepat, melalui strategi reward dan punishment, cerita (story telling), kegiatan spontan/langsung, keteladanan dan pembiasaan, dan BTAQ (Baca Tulis Al Qur’an), buku mutaba’ah, pustaka, film/video, tugas piket, dan berkebun. (2) Cara SDIT Alam Nurul Islam mengintegrasikan nilai moral melalui manajemen/budaya sekolah sudah tepat, yakni melalui strategi tadarus Al Qur’an, tahfidh/hafalan surat pendek, alma’surat, sholat dhuhur dan sholat jum’at berjama’ah; makan siang terorganisir, sholat dhuha. (3) Cara SDIT Alam Nurul Islam mengintegrasikan nilai moral dalam kegiatan pembinaan kesiswaan sudah tepat, kegiatan pembinaan kesiswaan market day, outbond, kepramukaan, mabit, muhayyam, dan berkebun. (4) Pengintegrasian penanaman nilai moral melalui kegiatan pembelajaran, manajemen/budaya sekolah, dan kegiatan pembinaan kesiswaan sudah tepat. Kenyataan menunjukkan bahwa siswa terlihat sudah terbiasa dan nyaman dengan berbagai peraturan dan budaya sekolah yang mendukung mereka untuk melaksanakan nilai-nilai moral yang selama ini ditanamkan. Hal ini tampak dari munculnya kesadaran siswa dalam melaksanakan ibadah karena sudah dibiasakan dalam kegiatan buka kelas siswa wajib untuk melaksanakan sholat dhuha, tahfidh/hafalan, membaca alma’surat, untuk kelas atas wajib sholat dhuhur berjama’ah di masjid dan bergantian memberikan kultum serta tadarus Al Qur’an, berdo’a ketika akan dan setelah melakukan kegiatan, terbiasa jujur dalam mengambil jatah snack maupun makan siang, terbiasa untuk mandiri dan bertanggung jawab dengan peralatan makannya yaitu dengan mencucinya sendiri. Strategi penanaman nilai moral di SDIT Alam Nurul Islam sudah termasuk kategori efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi, nilai moral
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:37
Last Modified: 05 Oct 2022 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37356

Actions (login required)

View Item View Item