LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Maryani, Maryani (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MARYANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2014 adalah MAN YOGYAKARTA II Jl. KHA. Dahlan 130, Yogyakarta. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan mulai 1 Juli sampai 17 September 2014. Pada saat pelaksanaan PPL, mahasiswa memperoleh praktik mengajar mata pelajaran Bahasa Jerman di kelas X Bahasa semester gasal sebagai mata pelajaran wajib dan di kelas XI IPS 1 serta XI IPS 2 semester gasal sebagai mata pelajaran peminatan, dan untuk mendukung kegiatan penyampaian materi pada peserta didik maka digunakan buku pegangan dan referensi dari internet. Materimateri pokok bahasa Jerman yang disampaikan meliputi; Salam dan Perkenalan (Begrüβung und Sich Vorstellen), Alpabet (die Alphabet), Angka (die Zahlen), kata ganti orang (Personal Pronomen), Konjugasi Kata Kerja (Konjugation des Verbs). Kurang lebih dua bulan di sekolah, dari kegiatan PPL ini mahasiswa memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku perkuliahan, terutama dalam pengalaman mengajar di kelas, tindakan kelas baik itu saat teori maupun praktik. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat, motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru-guru lain, dosen pembimbing lapangan, temanteman satu tim dan berkat kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:20
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37346

Actions (login required)

View Item View Item