LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI BANGUNREJO 2 TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

Septi Dwirahayu, Septi Dwirahayu (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI BANGUNREJO 2 TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SEPTI DWIRAHAYU.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL bertujuan untuk membantu mempersiapkan calon pendidik yang memiliki beberapa kompetensi untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan. Kegiatan PPL yang dilakukan di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta, berlangsung dari tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014. SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta merupakan sekolah inklusi yang memiliki siswa berkebutuhan khusus dengan berbagai jenis kekhususan di antaranya adalah siswa dengan berkesulitan belajar. Keberadaan ini menunjuk mahasiswa Pendidikan Luar Biasa kekhususan Anak Berkesulitan Belajar untuk melakukan praktik mengajar di SD N Bangunrejo 2. Kegiatan PPL meliputi kegiatan observasi, re-asesmen, penyusunan perangkat pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, pengajaran individual, pendampingan di kelas, kegiatan evaluasi pembelajaran, bimbingan dengan guru, bimbingan dengan DPL, dan penyusunan laporan akhir. Kegiatan tersebut merupakan agenda sistematis yang berkelanjutan dalam menangani siswa secara khusus. Observasi dilakukan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Re-asesmen dilaksanakan guna mengetahui kembali tahap kemampuan siswa. Perangkat pembelajaran yang disusun meliputi program pembelajaran individual, rancangan pembelajaran individual, task analysis, dan intervensi perilaku. Media pembelajaran berupa media kartu kata dan papan kontrak belajar. Pengajaran dilakukan dalam dua jenis yakni pengajaran individual di ruang sumber atau pendampingan di ruang kelas. Kegiatan evaluasi dilaksanakan pada akhir pelaksanaan program. Selama PPL di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta berlangsung, kelas yang didampingi adalah kelas II pada umumnya dan siswa An dan Ang pada khususnya. Kedua siswa tersebut secara khusus ditangani dalam pelajaran bahasa dan berhitung. Berdasarkan hasil penanganan khusus, tujuan jangka pendek yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan presentase akhir 81%. Persiapan matang sebelum mengajar diperlukan agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Mulai dari perangkat pembelajaran, penguasaan materi, dan kesiapan mental pendidik. Karakteristik siswa yang khusus mengharuskan seorang pendidik untuk dapat mengelola siswa secara optimal, memilih dan menggunakan teknik yang tepat dalam mengajar sesuai dengan kemampuan siswa, serta mengelola waktu dengan efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, SD N Bangunrejo 2.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 03:42
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37315

Actions (login required)

View Item View Item