LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2014 LOKASI: SD NEGERI GOLO Jln. Batikan Baru UH. III/855 Yogyakarta

IKA WINDYANINGRUM, IKA WINDYANINGRUM (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2014 LOKASI: SD NEGERI GOLO Jln. Batikan Baru UH. III/855 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2014 memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD Negeri Golo merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Tujuan dari program PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak delapan kali yang dilaksanakan mulai tanggal 12 Agustus 2014 sampai dengan 21 Agustus 2014 dan praktik mengajar mandiri sebanyak satu kali yang dilaksanakan tanggal 25 Agustus 2014, serta dilaksanakan ujian praktik mengajar dua kali mengajar yang dilaksanakan tanggal 26 Agustus 2014 dan 30 Agustus 2014. Praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Dari hasil PPL yang telah dilaksanakan mengungkapkan bahwa mahasiswa dapat menerapkan teori dan mengembangkan ilmu keguruan yang telah didapatkan, dengan harapan bisa menjadi bekal yang bermanfaat ketika sudah menjadi tenaga pendidik di lembaga nanti, sehingga bisa menjadi tenaga pendidik yang professional, disamping itu terdapat beberapa hambatan dalam melaksanakan PPL yaitu kurang percaya diri, penguasaan kelas, komunikasi dengan guru pembimbing dan materi yang selalu berkembang cukup menyulitkan mahasiswa untuk bisa menyesuaikannya, hambatan yang lain terdapat pada saat mahasiswa harus mengajar di kelas sesuai dengan aturan yang diajurkan gurunya, hal ini sering menyulitkan mahasiswa karena jika tidak sesuai akan mendapatkan kritikan dari guru, namun di sisi lain hal tersebut juga untuk kebaikan mahasiswa agar bisa lebih baik lagi dan menjadi motivasi agar lebih mengembangkan kemampuan yang dimiliki mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktek mengajar, hasil PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 03:21
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37299

Actions (login required)

View Item View Item