LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA

Sis Susanti, Sis Susanti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sis Susanti_11301241033.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dalam bidang pembelajaran di sekolah dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan yang telah dimiliki oleh mahasiswa. Selain itu, kegiatan PPL juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari permasalahan sekolah yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 di SMP Negeri 6 Yogyakarta, Keluarahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta ini dilaksanakan dari tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September. Serangkaian kegiatan PPL terimplementasikan dalam bentuk program kerja. Pada tahap persiapan, praktikan melaksanakan bimbingan kepada guru pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), melakukan observasi kondisi sekolah, dan observasi proses pembelajaran, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta membuat media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, selama jangka waktu PPL berlangsung, praktikan telah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 24 kali di kelas IX A dan IX B. Adapun dalam pelaksanaannya, praktikan menerapka metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divissions (STAD) dengan bantuan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Di samping melaksanakan praktik mengajar di kelas, praktikan juga melaksanakan tugas untuk melengkapi administrasi yang diperlukan oleh guru seperti membuat jurnal guru, berita acara pelaksanaan pembelajaran, daftar hadir siswa, daftar nilai siswa dan analisis nilai siswa Secara keseluruhan, program PPL dapat terlaksana dengan lancar sesuai perencanaan meskipun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermakna terkait bagaimana cara mengondisikan kelas, menghadapi siswa, tata cara berperilaku, tata cara mengajar serta dapat mempelajari dan memahami situasi nyata dari kegiatan pembelajaran di sekolah beserta permasalahannya, sehingga praktikan memperoleh gambaran nyata yang dapat dijadikan sebagai bekal hingga pada saatnya nanti ketika terjun di dunia kependidikan yang sebenarnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:58
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37281

Actions (login required)

View Item View Item