LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA

AMAT BUDI SUSILO, AMAT BUDI SUSILO (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
Amat Budi Susilo_11206241050.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh bagi seluruh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta, yang mempunyai bobot 3 SKS. PPL bertujuan melatih mahasiswa untuk menetapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai bidang studinya masing-masing, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga akademis kependidikan. Harapan yang ingin dicapai adalah mahasiswa dapat meningkatkan pengertian, pemahaman dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan, mendapat kesempatan untuk mempraktikan bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan yang lain serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah. Kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih 2,5 bulan terhitung sejak 14 Juli sampai 17 September 2014, yang berlokasi di SMP Negeri 6 Yogyakarta. Praktik Mengajar dilaksanakan sejak tanggal 7 agustus 2014 sampai tanggal 5 September 2014. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu Sembilan kelas per minggu yakni VIII A, VIII B, VIII C, VIII D. Jumlah jam sebanyak tiga jam pelajaran per kelas untuk semua kelas Total jam mengajar adalah 12 jam dalam satu minggu. Pelaksanaan PPL ini tidak lepas dari hambatan-hambatan. Namun demikian, praktikan berusaha sebaik mungkin untuk dapat meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi selama pelaksanaan PPL, sehingga seluruh rangkaian pelaksanaan PPL dapat berjalan lancar dan sesuai dengan program.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:40
Last Modified: 25 Jul 2016 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37266

Actions (login required)

View Item View Item