LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA

NOVITA PURWANDARI, NOVITA PURWANDARI (2014) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP_PPL_NOVITA PURWANDARI_11108241108_PGSD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 dilaksanakan pada semester khusus bulan Juli sampai September 2014. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD N Gedongkiwo adalah salah satu SD yang bekerja sama dengan UNY yang digunakan untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2014. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 10 mahasiswa dari program studi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar sebanyak 8 kali terbimbing, dan 2 kali mandiri yang dilaksanakan mulai tanggal 8 Agustus 2014 sampai dengan 1 September 2014 dan dilaksanakan ujian praktik mengajar dua kali yang dilaksanakan pada tanggal 5 September 2014 dan 8 September 2014. Praktik mengajar ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang dipaparkan dalam BAB II. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah dan penyusunan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar 10 kali ditambah dengan ujian 2 kali. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Pada pelaksanaan program PPL di SD N Gedongkiwo berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti ada beberapa kali jadwal mengajar yang tidak sesuai dengan waktu perencanaan, akan tetapi dengan kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri dan para guru yang sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:11
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37248

Actions (login required)

View Item View Item