LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA

NIKEN FITRIA ULFAH, NIKEN FITRIA ULFAH (2014) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP_PPL_NIKEN FITRIA ULFAH_PGSD_11108241096.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu sarana bagi mahasiswa sebagai calon pendidik bangsa yang harus dikembangkan potensi, kemampuan mengajar demi kesuksesan sebagai pengajar dan pendidik di masa yang akan datang. PPL merupakan salah satu wujud Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat sekolah dan membantu mengembangkan sekolah yang menunjang proses pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 dilaksanakan pada semester khusus bulan Juli sampai September 2014. SD N Gedongkiwo adalah salah satu SD yang bekerja sama dengan UNY yang digunakan untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2014. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah dan penyusunan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar 10 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 9 Agustus 2014 sampai dengan 2 September 2014 ditambah dengan ujian 2 kali yang dilaksanakan pada tanggal 3 September 2014 dan 5 September 2014. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Praktik mengajar ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada pelaksanaan program PPL di SD N Gedongkiwo berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti ada beberapa kali jadwal mengajar yang tidak sesuai dengan waktu perencanaan, akan tetapi dengan kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL dan guru kelas sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Selain praktek mengajar, mahasiswa juga bisa belajar mengerjakan administasi sekolah, karena sebagai guru yang profesional tidak harus handal mengajar, tetapi juga harus bisa mengerjakan administrasi yang berkaitan dengan peserta didik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD N Gedongkiwo.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:07
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37246

Actions (login required)

View Item View Item