LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Happri Novriza Setya Dhewantoro, Happri Novriza Setya Dhewantoro (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL HAPPRI GABUNG.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program kegiatan yang diselenggarakan oleh universitas sebagai kegiatan mata kuliah yang wajib lulus dan ditempuh oleh mahasiswa S1 program pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksaan program PPL tersebut yaitu mengembangkan kompetisi mahasiswa dalam menerapkan dan mengaplikasikan berbagai ilmu, pengetahuan, dan teknologi serta keterampilan (skill) yang dimiliki dalam menghadapi tantangan zaman sebagai calon pendidik atau tenaga pengajar yang profesional. Dalam kegiatan PPL ini terdapat tiga sub kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan dilakukan sebelum praktek mengajar. Persiapan tersebut termasuk kegiatan yang diprogramkan dari lembaga UNY, maupun yang diprogramkan secara individu oleh praktikan. Persiapan-persiapan tersebut meliputi: Persiapan di UNY, Pengajaran Mikro, Pembekalan, Observasi dan Perangkat Pembelajaran. Pelaksanaan PPL meliputi pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar yang dilaksanakan secara terbimbing maupun mandiri yang pada pelaksanaannya berjalan lancar. Evaluasi praktik mengajar dilakukan antara praktikan dengan guru pembimbing lapangan maupun dengan dosen pembimbing lapangan. Hasil dari kegiatan PPL antara lain dalam kegiatan PPL yang dilakukan selama kurang lebih 3 bulan terhitung sejak 1 Juli sampai 17 September 2014 di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu tiga kelas per minggu yakni kelas VIII B, kelas VIII H dan VIII J. Jumlah jam mengajar sebanyak 4 jam pelajaran selama satu minggu untuk tiap-tiap kelas sesuai kurikulum 2013. Praktikan melaksanakan praktik mengajar terencana sebanyak 24 kali tatap muka di kelas VIII B, kelas VIII H dan VIII J, serta mengajar tambahan sebanyak 6 kali tatap muka di kelas XI D, XI G dan XI J. Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan berusaha sebaik mungkin untuk dapat meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi, sehingga seluruh rangkaian pelaksanaan PPL dapat berjalan lancar dan sesuai dengan program. Kegiatan PPL memberikan banyak manfaat untuk sekolah, maupun praktikan dalam rangka mengembangkan kompetensi. Oleh karena itu perlu adanya komitmen yang tinggi dari semua pihak yang terkait sesuai dengan tanggung jawab masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, IPS, Mengajar, Praktikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 01:19
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37227

Actions (login required)

View Item View Item