LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

ARVIA AYUNTHARA, ARVIA AYUNTHARA (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 Cover , daftar isi, dan abstrak.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Laporan PPL 2014 (SMA N 10 YK).pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dari Universitas Negeri Yogyakarta merupaka langkah straegis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik. Pada kesempatan ini praktikan telah melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 10 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Gadean nomor 5 Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Pelaksanaan PPL selama dua setengah bulan dihitung sejak 1 Juli – 17 September 2014. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan profesional yang terdiri dari observasi pembelajaran di kelas yang dilaksankan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat program tahunan, program semester, penentuan nilai kriteria ketuntasan minimal, rencana pelaksanaan pembelajaran dan format penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 14 Agustus – 13 September 2013 dengan mata pelajaran ekonomi dan jumlah jam mengajar 9 jam per minggu di kelas X MIA 1 hari kamis dan sabtu (jam ke-6 dan 7- 8), kelas X MIA 2 hari Jumat (jam ke- 3-4-5) dan kelas X IIS hari kamis dan sabtu (jam ke- 1-2 dan 5). Pada kegiatan PPL ini praktikan menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang sudah mulai diterapkan di sekolah negeri se-Indonesia. Kurikulum 2013 dalam prosesnya terpusat pada peserta didik sedangkan guru hanya sebagai fasilitator kegiatan pembelajaran. Selain itu guru dituntut utuk lebih kreatif dalam proses pembelajaran dengan cara mengembangkan media pembelajaran. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan. Program PPL ini telah memberikan banyak manfaat bagi praktikan baik dari segi kegiatan mengajar atau kegiatan lainnya di lingkungan sekolah. Dari kegiatan tersebut praktikan manpu menambah wawasan dan pengetahuan tentang proses kegiatan belajar mengajar yang lebih inovatif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 06:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37160

Actions (login required)

View Item View Item