LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2014 LOKASI SMP N 4 WATES Jl. Terbahsari No. 3, Wates, Kulon Progo

Nuri Kiswandari, Nuri Kiswandari (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2014 LOKASI SMP N 4 WATES Jl. Terbahsari No. 3, Wates, Kulon Progo. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FMIPA PEND IPA NURI KISWANDARI PENDIDIKAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoretis yang telah diterima dari perkuliahan. Pengalaman yang nyata mengenai persiapan, pelaksanaan, evaluasi hingga analisis proses pembelajaran akan diperoleh oleh mahasiswa yang melaksanakan kegiatan PPL. Pengalaman ini nantinya akan sangat bermanfaat ketika mahasiswa telah menjadi tenaga pendidik yang sebenarnya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2014 hingga 17 September 2014. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 4 Wates. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Syarat dari pengajaran di kelas pada kegiatan PPL yakni melakukan kegiatan pengajaran minimal 8 kali pertemuan. Pada kenyataannya, praktikan melakukan pengajaran di kelas VII A sebanyak 9 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, demonstrasi, eksperimen, presentasi, dan penugasan. Media yang disiapkan praktikan untuk menunjang proses pembelajaran meliputi gambar, video, slide power point, LKPD serta alat dan bahan untuk praktikum. Kendala yang dialami praktikan ketika melakukan kegiatan pengajaran antara lain dalam pengelolaan kelas saat beberapa siswa sulit untuk dikondisikan. Kegiatan PPL ini memberikan pengalaman dan gambaran nyata kepada praktikan tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Dengan terselesainya kegiatan PPL ini, diharapkan ketika praktikan telah menjadi tenaga pendidik akan menjadi tenaga pendidik yang berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pengalaman, Calon Pendidik berkualitas.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 06:08
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37131

Actions (login required)

View Item View Item