LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 4 WATES Jl. Terbahsari No. 3, Wates, Kulon Progo 1 JULI 2014 - 16 SEPTEMBER 2014

Fajar Yuliana W, Fajar Yuliana W (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 4 WATES Jl. Terbahsari No. 3, Wates, Kulon Progo 1 JULI 2014 - 16 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FIS PKNH FAJAR YULIANA WISMANDARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PPL (Program PengalamanLapangan) merupakan bentuk pengabdian diri mahasiswa kepada masyarakat. Selain mempraktikkan kompetensi akademik dan intelektual yang diperoleh di bangku perkuliahan, mahasiswa berkewajiban untuk mengaplikasikan ilmu dan ketrampilan yang telah diperoleh kepada masyarakat. PPL sebaga isalah satu sarana bagi mahasiswa untuk belajar dan melatih diri dalam mempersiapkan kehidupan di masyarakat yang sesungguhnya sehingga diharapkan mahasiswa tidak hanya mampu di bidang akademik saja seperti yang didapatkan di perkuliahan melainkan juga mampu melaksanakan serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh untuk diabdikan kepada masyarakat. Selain itu PPL merupakan sarana untuk meningkatkan hubungan kemitraanantara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Kegiatan PPL UNY tahun 2014 secara formal dilaksanakan tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 201. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh 11 mahasiswa dengan rincian sebagai berikut: 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Bahasa Jawa, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Matematika, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan IPA, 2 mahasiswa dari prodi PJKR, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 1 mahasiswa dari prodi Pendidikan Seni Musik. Seluruh tim KKN-PPL SMP N 4 Wates memulai kegiatan KKN-PPL dengan melakukan observasi sekolah, koordinasi dan menyusun rancangan program kerja termasuk matriks di dalamnya, pelaksanaan program, evaluas iserta pembuatan laporan.Kegiatan PPL yang penulis lakukan meliputi: kegiatan praktik mengajar di kelas VII A, VII B, VII C, IX A, IX B, dan IX C dengan kesempatan mengajar 8 kali RPP. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasam dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 4 Wates
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37117

Actions (login required)

View Item View Item