LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM SISTER SCHOOL DI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

Yuli Armawati, Yuli Armawati (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM SISTER SCHOOL DI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YULI ARMAWATI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

UUD 1945 telah mengamanatkan bahwa salah satu tujuan Negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, dan oleh sebab itu Warga Negara Indonesia tanpa memandang status sosial, ras, etnis, agama, dan jender berhak memperoleh pelayanan pendidikan yang bermutu. Berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan, baik pada jalur formal maupun nonformal telah ditempuh pemerintah. Hal ini terbukti lahir program-program peningkatan mutu melalui program Sekolah Berstandar Nasional, Sekolah Unggulan, Sekolah Satu Atap, dan masih banyak program-program peningkatan mutu yang lain, termasuk rintisan pengembangan model Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Namun demikian, program-program peningkatan mutu yang telah ditempuh tersebut ternyata masih banyak ketertinggalan yang harus dikejar untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan iptek dan arus kesejagatan. (Yoyon Bahtiar, 2012). Dengan melihat sekolah-sekolah yang ada di berbagai wilayah di Indonesia, wajar jika terdapat sekolah-sekolah yang masih memiliki kualitas yang rendah. Sehingga, pemerintah tanpa sadar terus berfokus pada sekolah-sekolah yang memiliki kualitas lebih baik. Dalam lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan menyatakan bahwa setiap sekolah menjalin kemitraan dengan lembaga lain yang relevan, berkaitan dengan input, proses, output, dan pemanfaatan lulusan. Kemitraan sekolah dapat dilakukan dengan lembaga pemerintah maupun non pemerintah seperti perguruan tinggi, sekolah yang setara, serta dunia usaha dan dunis industry di lingkungannya. Sekolah harus mengembangkan kerjasama dan kemitraan dengan masyarakat, dunia 6 industri, dunia usaha, alumni dan satuan pendidikan lainnya di dalam maupun luar negeri. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang mendapat predikat dari masyarakat sebagai Kota Pelajar. Sekolah-sekolah yang dibangun terus berupaya meningkatkan kualitasnya agar menjadi sekolah yang dipandang baik. Namun, masih ada sekolah-sekolah yang harus mendapatkan perhatian lebih dalam upaya meningkatkan kualitasnya. Banyak program-program yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, salah satunya adalah program Sister School. Maka, perlu mengetahui bagaimana keterlaksanaan serta evaluasi dalam pengimplementasian dari kebijakan program Sister School yang terselenggara di Kota Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:33
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37108

Actions (login required)

View Item View Item