LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD MARGOYASAN

Fitri Mares Efendi, Fitri Mares Efendi (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD MARGOYASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_FITRI MARES EFENDI_11108241154_PGSD_FIP.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu menjadi satu dengan kegiatan KKN dilaksanakan pada semester khusus 2014 memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD Negeri Margoyasan merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Tujuan dari program PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait Kegiatan PPL ini berlangsung dari tanggal 2 Juli 2014 hingga 15 September 2014. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali dan praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 11 Agustus 2014 sampai 2 September 2014 serta ujian praktik mengajar 2 kali yang dilaksanakan pada tanggal 4-5 September 2014. Praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL itu sendiri meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, pengamatan AVA, praktik pengajaran mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri Margoyasan berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi dengan kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri juga sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar, SD Margoyasan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:55
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37086

Actions (login required)

View Item View Item