LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA YOGYAKARTA

Maria Gorety, Maria Gorety (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL - MARIA GORETY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan memberdayakan warga belajar dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya kegiatan PPL, diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat atau warga belajar dan dapat mengembangkan kreatifitas mahasiswa dalam belajar di tengah-tengah masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini kami laksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan meliputi tahapan observasi wilayah instansi Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Yogyakarta. Observasi di lakukan dengan metode tanya jawab, melihat data demografi dan melihat langsung kondisi lapangan aktivitas kegiatan di SKB Kota Yogyakarta khususnya di bagian kesetaraan dan PAUD Salma di SKB Kota Yogyakarta. Kemudian menentukan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang berada di paket B dan paket C, serta PAUD Salma maupun Life skill. Karena dalam Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa di tuntut untuk dapat mengajar, mengelola maupun menjadi tutor untuk warga belajar. Dari hasil observasi, disusun program pendampingan paket B dan C, serta pendampingan dan pengajaran PAUD Salma, dan sedikit pelatihan untuk warga belajar.Sasaran dari program mengajar ini adalah untuk warga belajar paket B dan C, serta PAUD Salma. Dengan di adakannya praktik pengalaman mengajar maka mahasiswa dapat memperoleh pengalaman di bidang pembelajaran di SKB, mahasiswa dapat mengenal, mempelajari, dam menghayati permasalahan yang ada di SKB, seta mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuandanketrampilan yang telah dikuasai.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:05
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37053

Actions (login required)

View Item View Item