Pelaksanaan Perwal No. 44 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa Milik Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Mengurangi Permukiman Kumuh Di Juminahan, Code, Kota Yogyakarta.

Sofiana, Dib Amamah (2016) Pelaksanaan Perwal No. 44 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa Milik Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Mengurangi Permukiman Kumuh Di Juminahan, Code, Kota Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Full)
Skripsi Full 12417144025.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Perwal No. 44 tahun 2009 tentang pengelolaan rumah susun sederhana sewa milik pemerintah Kota Yogyakarta dalam mengurangi permukiman kumuh di Daerah Juminahan, Code, Kota Yogyakarta. Selain itu penelitian ini juga bermaksud mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan serta upaya untuk mengatasinya. Desain penelitian yang dipakai adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Bidang Pemukiman Dinas Kimpraswil, Kepala UPT Rusunawa, Koordinator Rusunawa Graha Bina Harapan (GBH), dan penghuni sewa rumah hunian Rusunawa GBH. Instrumen penelitian adalah peneliti dengan menggunakan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan indikator Isi kebijakan dan konteks impementasi, mampu digunakan untuk mengukur pelaksanaan Perwal tersebut. Pembebasan lahan menjadi kendala utama didalam pelaksanaan peraturan ini. Pemerintah tidak dapat membangun Rusunawa disepanjang Sungai Code. Akibatnya, pemerintah tidak dapat memenuhi kuota masyarakat yang ingin menggunakan sewa hunian di Rusunawa GBH. Kepadatan rumah penduduk di daerah Juminahan tidak berkurang dan harapan untuk dapat mengurangi pemukiman kumuh belum tercapai. Kata kunci : pelaksanaan Perwal No. 44 tahun 2009 , pemukiman kumuh

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:01
Last Modified: 30 Jan 2019 09:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37049

Actions (login required)

View Item View Item