Auliana Risqi, Auliana Risqi (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
AULIANA RISQI PLSB 11102244041.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib sebagai upaya dalam mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa. Tujuan dari pelasanaan PPL adalah : (1) memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang pembelajaran baik di sekolah maupun lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, (2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran, (3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 2 Juli – 17 September 2014. Tahapan yang dilakukan dalam pelakasanaan PPL mencakup pembekalan PPL, pembekalan micro teaching, observasi, identifikasi permasalahan, penyusunan program dan pembagian tugas. Hasil observasi dan identifikasi permasalahan menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan program PPl, beberapa program yang dilaksanakan adalah : (1) program mandiri yakni pendampingan KB Salma; (2) program kerjasama dengan SKB, terdiri dari program parenting, pelayanan edukasi PAUD, Pelatihan holtikultura, pelatihan boga dan pelatiha komputer; (3) program kelompok yang meliputi kegiatan sarasehan homeschooling, pemanfaatan botol bekas sebagai media tanam untuk KB Salma, dan pengelolaan TBM; (4) program tambahan sebagai penunjang program PPL. Secara keseluruhan program PPl bdapat berjalan dengan lancar. Hasil dari pelaksanaan PPL bagi praktikan adalah (1) mendapat pengalaman dalam penyusunan dan pelaksanaan program di SKB Kota Yogyakarta; (2) mendapatkan kesempatan untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan di salah satu lembaga pendidikan; (3) meningkatnya kemampuan mahasiswa dengan menerapkan pengetahuan ke dalam lembaga pendidikan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:43 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |