LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA Jalan Nitikan No. 48, Umbulharjo, Yogyakarta Periode 1 Juli 2014 – 17 September 2014

FATONAH DWI PUTRI, FATONAH DWI PUTRI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA Jalan Nitikan No. 48, Umbulharjo, Yogyakarta Periode 1 Juli 2014 – 17 September 2014. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
11520241043_Fatonah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 01 Juli sampai dengan 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 6 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, yang dimualai dari melakukan observasi kondisi sekolah serta pembelajaran di kelas dan peserta didik dengan bimbingan guru pembimbing. Setelah melakukan observasi, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkah-langkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan Praktik Pengalaman Lapangan. Dalam Pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan RPP. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas, mahasiswa PPL tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pembimbing dikarenakan kebijakan dari sekolah mengharuskan mahasiswa PPL didampingi oleh guru pembimbing. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan RPP di kelas dan memberikan masukan-masukan untuk pelaksanaan RPP selanjutnya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah terlaksana sebanyak 23 pertemuan yang terdiri dari tiga mata pelajaran, yaitu Pengolahan Citra Digital kelas XI MM, Tata Cahaya dan Audio Editing kelas XII MM. Selama pelaksanaan PPL, mahasiswa telah membuat RPP dengan rincian 2 RPP Pengolahan Citra Digital masing-masing 4 pertemuan untuk kelas XI MM 1 dan XI MM 2, 3 RPP Tata Cahaya 3 pertemuan untuk kelas XII MM 1 dan 4 pertemuan untuk kelas XII MM 2, serta 3 RPP Audio Editing masing-masing 4 pertemuan untuk kelas XII MM 1 dan XII MM 2. Dari hasil pelaksanaan RPP, siswa telah mencapai KKM mencapai 90%. Sehingga RPP yang mahasiswa buat dapat dikatakan telah berhasil.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Praktik Mengajar.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 22 Jul 2016 02:39
Last Modified: 22 Jul 2016 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37034

Actions (login required)

View Item View Item