LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PGSD PENJAS PKS DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA Jl. Munggur no.38 Yogyakarta Phone: 0274 550350

SUPRIYANTO, SUPRIYANTO (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PGSD PENJAS PKS DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA Jl. Munggur no.38 Yogyakarta Phone: 0274 550350. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Supriyanto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik.kolah dan dosen Pembimbing.Kegiatan praktik mengajar dimulai pada tanggal 5 Agustus sampai 14 september 2014 dan masa akhir PPL pada tanggal 17 September 2014. Penyusun melakukan praktik mengajar di kelas 1 sampai 1V baik di lapangan maupun di kelas . Pada minggu pertama hari jumat mengajar kelas 4b materi Tema 1 Indahnya kebersamaan subtema keberagaman kebudayaan bangasku pembelajaran 1dan sabtu mengajar kelas 1b materi Tema Diriku /subtema Aku dan teman baruku pembelajaran 1.Minggu kedua mengajar kelas 1a materi Tema 1/ subtema 2 pembelajaran 2 dan mengajar kelas 2b materi Teman Hidup rukun /subtema Hidup rukun dirumahku pembelajaran 1.Minggu ketiga mengajar kelas 1a materi Tema Diriku/subtema Aku dan teman baruku pembelajaran 1 dan mengajar kelas 1b materi kelas Tema 1/subtema 1 pembelajaran 1.Minggu keempat mengajar kelas 4b materi Tema 1/subtema 2 pembelajaran 2. Untuk minggu kelima mengajar kelas 1a materi Tema Diriku/subtema 3 pembelajaran 2 dan mengajar kelas 1b materi Tema 1/subtema 2 pembelajaran 2.Sedangkan pada minggu keenam mengajar kelas 2a materi Tema Diriku /subtema Aku dan teman baruku pembelajran 1. Disamping mengajar juga membantu kegiatan-kegiatan seperti : Pesantren kilat ,pengecatan pagar mushola,melatih petugas upacara,menata ruang perpustakaan dan membantu administrasi sekolah .Semua kegiatan yang kami lakukan sesuai dengan arahan guru pembimbing dan kepala sekolah . Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan,penulisan perangkat pembelajaran,proses pembelajaran dan pengelolaan kelas . Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi Ilmu Keolahragaan ,dapat menerapkan methode pembelajaran yang tepat dan dapat memahami kekurangan dan kelebihan potensi diri .Disamping itu juga sebagai tempat bersosialisasi dengan teman sejawat yang saling bertukar pikiran dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan .Selama kegiatan PPL dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang berkopentensi dan berkualifikasi yang bagus.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 02:09
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37005

Actions (login required)

View Item View Item