LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

Wijang Pulung Baskoroaji, Wijang Pulung Baskoroaji (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover, Halaman Pengesahan, Kata pengantar, Daftar isi, Abstrak.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1, 2, 3 PPL FIX.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh setiap mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan meliputi kemampuan pembuatan perangkat pembelajaran, praktik mengajar, dan pengelolaan kelas serta evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Dalam melakukan praktik mengajar di kelas, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya observasi kelas yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kelas baik peserta didik maupun lingkungan, silabus, RPP, materi pembelajaran, media pembelajaran dan lain-lain. Pada saat melakukan praktik mengajar terbimbing dikelas mahasiswa diberikan kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas XII IPS 1, 2, 3, 4 dan XII IPS 1, 2, 3, 4 dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar masing-masing kelas dengan kondisi peserta didik yang berbeda karakter. Dengan kegiatan tersebut pengalaman dan wawasan yang diperoleh mahasiswa dalam dunia mengajar lebih luas. Pelaksanaan waktu praktik mengajar diambil dari jadwal mengajar guru pembimbing dengan alokasi waktu pembelajaran mata pelajaran Penjasorkes 3 x 45 menit setiap tatap muka. Hasil dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berupa kemampuan mengajar didalam kela satau lapngan, pengalaman pembuatan perangkat pembelajaran, pengalaman pelaksanaan evaluasi pembelajaran, pengalaman mengelola kelas dengan karakter peserta didik yang berbeda, serta pengalaman menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang terkait misalnya dengan bapak/ibu guru serta karyawan sekolah. Selama kegiatan PPL berlangsung, ada berbagai macam kendala, akan tetapi hal tersebut masih dapat diatasi. Dalam pelaksanaan PPL, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan demi keberlangsungan jalannya kegiatan PPL diantaranya sarana dan prasarana pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan mengajar perlu ditambahkan baik kualitas maupun kuantitas. Komunikasi atau informasi dari LPPMP perlu dimaksimalkan lagi sehingga informasi bisa sampai dengan baik ke mahasiswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL 2015 telah terlaksana dengan baik. Keberlangsungan pelaksanaan program PPL ini tidak lepas dari adanya kerjasama dari berbagai pihak baik LPPMP, Dosen Pembimbing Lapangan, mahasiswa, guru dan karyawan SMA Negeri 1Depok, maupun peserta didik SMA N 1 Depok.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA N 1 Depok, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Jul 2016 09:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36952

Actions (login required)

View Item View Item