Keefektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPSq (Think Pair Square) Berbasis PChK (Pedagogical Chemistry Knowledge) Terhadap Hasil Belajar Kimia dan Sikap Ilmiah Peserta Didik

Wargiyanto, Wargiyanto (2012) Keefektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPSq (Think Pair Square) Berbasis PChK (Pedagogical Chemistry Knowledge) Terhadap Hasil Belajar Kimia dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wargiyanto-10708251049.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq berbasis PChK dengan pembelajaran DI ditinjau dari hasil belajar kimia peserta didik, 2) keefektifan model pembelajar kooperatif tipe TPSq berbasis PChK dengan DI ditinjau dari sikap ilmiah peserta didik, 3) proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran koopearatif tipe TPSq berbasis PChK dapat meningkatkan hasil belajar kimia, serta 4) proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq berbasis PChK dapat meningkatkan sikap ilmiah peserta didik Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2012 sampai Maret 2012 di MAN 3 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian terdiri dari delapan kelas dan diambil 2 kelas sebagai sampel secara acak, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, sebagai variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPSq berbasis PChK dan model pembelajaran DI dan variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia serta sikap ilmiah peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk tes hasil belajar kimia peserta didik yang sudah divalidasi dengan koefisien reliabilitas 0,821 dan sikap ilmiah peserta didik yang sudah divalidasi dengan koefisien reliabilitas 0,711. Uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji T2-Hotelling’s. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kimia antara kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq berbasis PChK dengan kelas yang diberi perlakuan model DI, 2) terdapat perbedaan yang signifikan pada sikap ilmiah antara kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq berbasis PChK dengan DI, 3) terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar kimia setelah proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq berbasis PChK, 4) terdapat peningkatan yang signifikan pada sikap ilmiah peserta didik setelah proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq berbasis PChK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe TPSq (Think Pair Square) berbasis PChK (Pedagogical Chemistry Knowledge), hasil belajar kimia, sikap ilmiah peserta didik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2016 06:59
Last Modified: 29 Jan 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36916

Actions (login required)

View Item View Item