LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 BERBAH

Yunia Tri Mawarni, Yunia Tri Mawarni (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 BERBAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN YUNIA FIX.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2015 memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SMP Negeri 1 Berbah merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL PBSI pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL PBSI adalah agar mahasiswa calon pendidik mempunyai kecakapan dan pengalaman yang cukup di dunia pendidikan serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang dilaksanakan program PPL PBSI antara lain, 1) Pengajaran di kelas. Sebelum melakukan kegiatan mengajar, terlebih dahulu dibuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media yang akan digunakan saat mengajar. RPP dan media yang disetujui guru pembimbing mata pelajaran dapat digunakan untuk mengajar. Setelah mengajar, dilakukan evaluasi oleh guru pembimbing mata pelajaran; 2) Analisis nilai siswa setelah melakukan koreksi, sebagai evaluasi setiap selesai mengajar, untuk mengetahui apakah nilai peserta didik sudah memenuhi atau belum; 3) Selain mengajar di kelas dilakukan pula piket sekolah (perpustakaan dan pengecekan presensi kelas) dan pendampingan ekstrakurikuler (pramuka). SMP Negeri 1 Berbah merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah yang dipilih untuk pelaksanaan kegiatan PPL. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik. Praktikan juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing mata pelajaran. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VIII A dan VIII B. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar walaupun ditemui beberapa hambatan kecil. Hasil dari pelaksanaan PPL selama 1 bulan di SMP Negeri 1 Berbah ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa membantu siswa dalam menyelesaikan masalah secara mandiri dan memberikan informasi yang dibutuhkan siswa yang diperoleh di bangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 09:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36894

Actions (login required)

View Item View Item