LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 BERBAH

Herlita Dewi Setyawati, Herlita Dewi Setyawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 BERBAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wadah atau tempat bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di dunia sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Kegiatan PPL ini juga berfungsi untuk melatih mental mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam proses belajarmengajar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta secara langsung di sekolah selama 1 bulan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015dengan jumlah mahasiswa sebanyak 16 orang. Selama kegiatan PPL, mahasiswa PPL turun langsung untuk mengajar didalam kelas sebanyak 6x pertemuan sebagai target minimal yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sekolah yang dijadikan lokasi PPL adalah SMP N 1 Berbah yang beralamat di Tegaltirto, Kalitirto, Berbah, Sleman, DIY. Disekolah ini mahasiswa PPL memperoleh kepercayaan untuk mengampu empat (4) kelas, yang semuanya merupakan kelas VII yaitu kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D. Metode Ceramah, Tanya Jawab, dan Permodelan, merupakan metode yang dipilih untuk proses pembelajaran di kelas agar sesuai dengan tuntutan kurikulum, model, serta LKS merupakan media yang digunakan untuk menarik perhatian siswa agar lebih aktif dan partisipatif dalam mengikuti pembelajaran. Banyak kendala yang dialami selama PPL, namun hal tersebut bukanlah penghalang yang besar bagi mahasiswa untuk dapat melaksanakan kegiatan PPL ini. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa PPL dapat memperoleh bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang berbagai hal dan kegiatan yang terkait vii dengan dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kerja keras, keikhlasan dan disiplin merupakan kunci suksesnya pelaksanaan PPL ini. Pada akhirnya, dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta calon tenaga pendidik yang professional dan berkualitas untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. Dan diharapkan dalam melaksanakan kegiatan PPL, penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36854

Actions (login required)

View Item View Item