LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN SEJARAH DI SMA NEGERI 8 WATES 1 Juli 2014 – 17 September 2014 Alamat : Jl. KH. Wahid HasyimBendungan, Wates, KulonProgo

Ahmad Shohibi, Ahmad Shohibi (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN SEJARAH DI SMA NEGERI 8 WATES 1 Juli 2014 – 17 September 2014 Alamat : Jl. KH. Wahid HasyimBendungan, Wates, KulonProgo. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU BAB 1fix.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU BAB IIfix.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU BAB III fix.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang dilaksanakan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). PPL adalah wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah diperoleh di bangku kuliah. PPL di SMA N 2Wates ini mempunyai tiga macam tujuan, yaitu (1) merealisasikan Tri Dharma PerguruanTinggi, (2) meningkatkan potensi, bakat, dan minat siswa yang berguna untuk menunjang proses belaja rmengajar, dan (3) membantu meningkatkan kondisi sekolah yang mendukung proses belajar mengajar. Pelaksanaan program – program tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolahdan mahasiswa untuk pengembangan kompetensinya.Oleh karena itu perlu adanya komitmen yang tinggi dari semua pihak yang terkait sesuai dengan tanggungjawab masing – masing. Kegiatan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di mulai dari tanggal 01 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Tahap kegiatannya dimulai dari observasi kelas, perencanaan program, konsultasi program dengan pihak sekolah (guru pembimbing) dan penetapan program. Program kerja Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dirancang meliputi: pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Praktik Mengajar, dan Evaluasi hasil mengajar. Hasil pelaksanaan PPL kurang lebih selama 2 bulan di SMA Negeri 2 Wates dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan, dalam hal ini bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial yang diperoleh dari bangku kuliah Universitas Negeri Yogyakarta. Dari program PPL ini maka praktikan dapat mengambil beberapa pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional, memiliki nilai, sikap dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan. Melihat dari pelaksanaan PPL yang telah praktikan lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa PPL di SMA Negeri 2 Wates berjalan dengan lancar. Selain PPL sangat bermanfaat dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa praktikan sekaligus sebagai latihan sebelum nantinya terjun dalam masyarakat dan melakukan tugasnya secara nyata.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:21
Last Modified: 20 Jul 2016 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36832

Actions (login required)

View Item View Item