LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 4 YOGYAKARTA

Nareswara An Nashr, Nareswara An Nashr (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover nares.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN NARES.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 4 Yogyakarta ini berlangsung mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan ini bertujuan untuk 1. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengajar serta memperluas wawasan, peningkatan keterampilan, kemandirian dan tanggung jawab, 2. Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan memecahkan masalah pada proses pembelajaran dikelas, 3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ketrampilan dan wawasan yang dimiliki ke dalam pembelajaran disekolah. Pada tanggal 1 Juli 2014, mahasiswa mulai melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan yang dilakukan pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki pra PPL dan PPL. Kegiatan Pra PPL meliputi : sosialisasi, koordinasi, observasi potensi pengembangan sekolah, observasi proses pembelajaran dan kegiatan manejerial, identifikasi dan infentarisasi permasalahan, penentuan progam kerja dan penyusunan proposal kegiatan, diskusi dengan guru dan dosen pembimbing. Persiapan PPL yang dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta dimulai dengan pembekalan PPL, micro teaching dan observasi langsung di SMK N 4 Yogyakarta. Progam PPL meliputi penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran sampai dengan evaluasi pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah praktik mengajar pada progam keahlian Tata Busana. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan diskusi, dengan tambahan penggunaan media, serta evaluasi. Pelaksanaan praktik PPL mulai dari tanggal 1 juli 2014 sampai dengan 17 september 2014. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta selama 2 bulan 17 hari mendapatkan hasil observasi potensi pengembangan sekolah yaang sudah cukup memadai, observasi proses pembelajaran kelas XI yang sudah menggunakan kurikulum 2013. Pada praktik mengajar mahasiswa berkesempatan untuk mengajar siswa kelas XI Busana 1, XI Busana 2, XI Busana 3 dan XI Busana 4. Sebelum mahasiswa melaksanakan praktik mengajar mahasiswa menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan silabus, lembar penilaian, materi yang akan disampaikan dalam benmtuk handout/jobsheet, dan media pembelajaran berupa poer point dan video yang dikonsultasikan terlebih dahulu pada guru pembimbing. Mahasiswa melaksanakan pengajaran busana selama enam minggu, dengan jadwal mengajar pembuatan pola setiap hari Senin dan Jumat lima kali mengajar 4 jam pelajaran @45 menit (@45 menit x 4 x 5 = 900 menit), Mengajar Desain Busana setiap hari Selasa dan Kamis 7 kali mengajar 3 jam pelajaran @45 menit (@45 menit x 3 x 7 = 147 menit), dan Mengajar Busana Industri hari Rabu satu kali mengajar 7 jam pelajaran @45 menit (@45 menit x 7 x 1 = 315 menit) . Metode yang digunakan adalah menerangkan (teori) Desain Busana, diskusi, (praktek) Pola dan Busana Industri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 4 Yogyakarta, Tata Busana
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:13
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36828

Actions (login required)

View Item View Item