Marisa Kurniastuti, Marisa Kurniastuti (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Cover.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diambil oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. PPL merupakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Tujuan dari PPL itu sendiri adalah 1) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi perguruan atau kependidikan, 2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga baik yang terkait proses pembelajaran, 3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan, 4) Meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan Pemerintah daerah sekolah dan lembaga terkait. Program kerja yang telah dilaksanakan merupakan suatu usaha dalam rangka mewujudkan tujuan-tujuan tersebut. Lokasi kegiatan PPL di SMK Negeri 4 Yogyakarta terletak di jalan Sidikan No.60, Umbulharjo, Yogyakarta. PPL UNY dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2014 sampai 17 September yang diawali dengan sosialisasi dan koordinasi serta observasi ke lokasi. Adapun program kerja PPL meliputi 1) Observasi kelas saat guru mengajar, 2) Penyusunan rencana program pembelajaran, 3) Penerapan inovasi pembelajaran, 4) Konsultasi materi yang akan disampaikan, 5) Praktik mengajar terbimbing, 6) Menyusun dan mengembangkan alat evaluasi. Metode yang mahasiswa gunakan yaitu ceramah, demontrasi dan pemberian tugas. Hasil pelaksanaan program PPL 2014 berlangsung pada tanggal 6 Agustus sampai 17 September 2014. Mahasiswa melakasanakan observasi kelas saat guru mengajar mata pelajaran tekstil untuk kelas X Busana 2. Mahasiswa diberi kesempatan mengajar delapan kali pertemuan untuk siswa kelas XII Busana 1, XII Busana 4, X Busana 2 dan X Busana 3. Mahasiswa melaksanakan pengajaran busana selama enam minggu, dengan jadwal mengajar hari senin, rabu, jumat dan sabtu. Mahasiswa mengajarkan mata pelajaran Busana Pria, Busana Wanita untuk kelas XII dengan 5 RPP menggunakan kurikulum KTSP dan Tekstil untuk kelas X dengan 2 RPP menggunakan kurikulum 2013. Media yang digunakan mahasiswa yaitu jobsheet, hand out, media power point dan dokument keeper. Sebelum mahasiswa melaksanakan praktik mengajar, materi dan media yang akan digunakan di konsultasikan terlebih dahulu ke guru pembimbing. Kegiatan PPL ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa keguruan sebagai bekal untuk menjadi seorang tenaga kependidikan yang professional.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:10 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36827 |
Actions (login required)
View Item |