LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA Disusun guna memenuhi persyaratan dalam menempuh mata kuliah KKN-PPL

Annisa Nur Rahmah, Annisa Nur Rahmah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA Disusun guna memenuhi persyaratan dalam menempuh mata kuliah KKN-PPL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover, pengesahan, abstrak.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-3.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman factual mengenai proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainnya. Kegiatan PPL bertujuan untuk 1. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran disekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan/kependidikan, 2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, 3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran disekolah atau lembaga kependidikan. Kegiatan yang dilakukan pada kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki pra PPL dan PPL. Kegiatan Pra PPL meliputi : sosialisai dan koordinasi, observasi potensi pengembangan sekolah, observasi proses pembelajaran dan kegiatan menejerial, identifikasi dan infentarisasi permasalahan, penentuan program kerja dan penyusunan proposal kegiatan, diskusi dengan guru dan dosen pembimbing. Persiapan (PPL) yang dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta dimulai dengan pembekalan PPL, micro teaching dan observasi langsung di SMK N 4 Yogyakarta. Sedangkan program PPL meliputi penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran sampai dengan Evaluasi Pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah Praktik mengajar pada program keahlian Tata Busana (X Busana 1 dan 2). Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan diskusi, dengan tambahan penggunaan media, serta evaluasi. Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mulai dari tanggal 1 juli 2014 sampai dengan 17 september 2014. Pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Yogyakarta selama 2 bulan 17 hari dapat dipetik hasilnya yang berupa observasi petensi pengembangan sekolah yang sudah cukup memadai, observasi proses pembelajaran kelas X dan XI yang sudah menggunakan kurikulum 2013, praktik mengajar di kelas Pada kesempatan ini, mahasiswa berkesempatan untuk mengajar siswa kelas X Busana 1, dan X Busana 2. Sebelum mahasiswa melaksanakan praktek mengajar mahasiswa menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan silabus, lembar penilaian, materi yang akan disampaikan dalam bentuk handout / job sheet, dan media pembelajaran berupa power point yang dikonsultasikan terlebih dahulu pada guru pembimbing. Mahasiswa melaksanakan pengajaran Busana selama enam minggu, dengan jadwal mengajar hari rabu mata pelajaran Dasar – dasar Teknologi Menjahit 7 jam pelajaran @45 menit (@45 x 7=315 menit) dan hari sabtu mata pelajaran Tekstil 3 jam pelajaran @45 menit (@45 x 3=135 menit). Metode yang digunakan mahasiswa saat melakukan praktek mengajar adalah menerangkan (teori), diskusi dan praktek.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 4 yogyakarta, Tata Busana
Subjects: Laporan > KKN - PPL
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 06:59
Last Modified: 01 Oct 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36820

Actions (login required)

View Item View Item