Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Kelas X Semester 2 yang Mengintegrasikan Aspek Pendidikan Karakter

Gais, Taufik Ridani S. (2012) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Kelas X Semester 2 yang Mengintegrasikan Aspek Pendidikan Karakter. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-taufik-ridani-s-gais-10708259025.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan 1) kelayakkan RPP hasil pengembangan yang digunakan dalam pembelajaran kimia di SMA, 2) kemampuan RPP hasil pengembangan dalam mengembangkan karakter siswa SMA secara signifikan, serta 3) peningkatan hasil belajar siswa SMA dengan RPP hasil pengembangan secara signifikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan RPP menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiangarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga hanya memuat tahap Define, Design dan Develop. Pengembangan RPP dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan format, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi karakter siswa, angket karakter, angket respons siswa, angket penilaian guru, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran kimia yang terintegrasi dengan aspek pendidikan karakter pada materi pokok hidrokarbon. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang dihasilkan dilampiri dengan lembar kegiatan siswa dan tes hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan RPP yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis dan efektif meningkatkan karakter dan prestasi siswa. Keterlaksanaan pada uji coba terbatas mencapai kategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 73,43% dan pada uji coba lapangan mencapai kategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan 81%. Keefektifan ditinjau dari hasil pretest – posttest pada uji coba yang dilakukan menunjukkan ada peningkatan rata-rata 6,85 dengan ketuntasan belajar 58,33% pada uji coba terbatas dan peningkatan rata-rata 21,64 dengan ketuntasan belajar 90,23% pada uji coba lapangan. Hasil pengamatan aktivitas siswa yang relevan dengan pengembangan karakter pada uji coba terbatas maupun uji coba lapangan menunjukkan peningkatan karakter siswa di setiap pertemuan. Hasil angket karakter yang diisi siswa sebelum dan sesudah belajar dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan pada uji coba terbatas menunjukkan sebanyak 66,67% siswa memenuhi kategori minimal baik, pada uji coba lapangan sebanyak 89,25% siswa untuk kelas eksperimen dan 49,99% siswa untuk kelas kontrol yang telah mencapai kategori minimal baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kimia, pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 05:36
Last Modified: 29 Jan 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36816

Actions (login required)

View Item View Item