Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMAN 4 Banjarbaru

Suprapti, Suprapti (2012) Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMAN 4 Banjarbaru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suprapti-10708259001.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) pengaruh penerapan Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMAN 4 Banjarbaru dan (2) interaksi variabel kovariat pretest dan motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMAN 4 Banjarbaru. Penelitian ini bersifat eksperimen semu atau quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini ada tiga macam, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran, variabel terikat berupa kemampuan pemecahan masalah fisika, dan kovariat berupa nilai pretest dan motivasi. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMAN 4 Banjarbaru Kalimantan Selatan tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 6 kelas dengan jumlah 204 siswa. Sampel penelitian diambil dua kelas, dipilih secara acak kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol yang jumlah masing-masing kelas adalah 34 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah fisika siswa berbentuk soal uraian dan tes motivasi belajar fisika siswa berbentuk angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan penerapan Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMAN 4 Banjarbaru. hal ini dapat dilihat dari besarnya P value (0,000) bernilai lebih kecil daripada α(0,05). (2) Tidak ada interaksi antara variabel pretest dan motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMAN 4 Banjarbaru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, kemampuan pemecahan masalah fisika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:38
Last Modified: 29 Jan 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36815

Actions (login required)

View Item View Item