LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 DI SMP NEGERI 2 GAMPING, SLEMAN

Muhammad Subhan, Muhammad Subhan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 DI SMP NEGERI 2 GAMPING, SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Individu (M. Subhan 12208241015).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakam matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Kependidikan. PPL bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan. Oleh sebab itu kegiatan PPL dilaksanakan secara terpadu penyelenggaraannya di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas tenaga pendidik, khususnya calon guru (mahasiswa) baik dalam segi kualitas maupun kuantitas, dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, menghayati permasalahan sekolah atau lembaga. Pada periode 2015 ini, waktu efektif kegiatan PPL dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015, dan berlokasi di SMP Negeri 2 Gamping, Kabupaten Sleman, DIY. Namun, agar terlaksana program PPL sesuai yang diharapkan, beberapa kegiatan penunjang juga dilaksanakan sebelumnya, seperti observasi pra PPL, pengadaan kuliah pengajaran mikro/micro teaching, penyusunan rencana program kerja dan matriks, pembekalan oleh DPL PPL, dan persiapan mengajar dengan konsultasi guru pembimbing. Setelah semua kegiatan tersebut terlaksana, baru kemudian dilaksanakan rencana program kerja dengan bimbingan dari pihak sekolah, guru pembimbing, monitoring oleh DPL PPL, hingga penyusunan laporan PPL. Kegiatan PPL UNY periode 2015 telah terlaksana dengan baik dan lancar. Kesimpulan dari pelaksanakan semua kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Gamping, Sleman, secara khusus sebagai sekolah yang mempunyai program studi seni musik merupakan pengalaman yang menantang, dimana setiap siswa mempunyai karakter unik dan kebiasaan yang berbeda dengan kondisi di sekolah umum lainnya. Sehingga membutuhkan perlakuan dan cara pengajaran yang berbeda pula. Secara umum PPL dapat menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau lembaga, sedangkan dalam praktik mengajar merupakan pengalaman langsung sebagai bekal ketika terjun ke dunia pendidikan nantinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36808

Actions (login required)

View Item View Item