LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 SMP N 2 GAMPING SLEMAN Jl Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman

Dwi Wahyu Puspita Sari, Dwi Wahyu Puspita Sari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 SMP N 2 GAMPING SLEMAN Jl Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WAHYU.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam pelatihan untuk menyiapkan mahasiswa agar menguasai kemampuan keguruan atau pendidikan lainya, sehingga dapat mengemban tugas secara profesional. Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gamping yang dimulai dari penyerahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan melibatkan 13 mahasiswa yang terdiri dari 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan IPS, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Musik , 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Rupa, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan IPA, 1 mahasiswa jurusan Pendidikan Olahraga, Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL meliputi antara lain kegiatan persiapan, kegiatan praktik mengajar dan kegiatan praktik persekolahan. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat proses pembelajaran di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat satuan program materi pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan KBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Selasa (Jam ke-1 dan 2) di kelas VIII D, Rabu (Jam ke-2 dan 3) di kelas VIII E, Rabu (Jam ke-4 dan 5) di kelas VIII F. Berdasarkan program PPL yang dirumuskan, selama kegiatan PPL praktikan dapat merealisasikan program-program tersebut. Hasil dari kegiatan PPL yaitu praktik mengajar sebanyak 24 jam pelajaran di kelas VIII yaitu kelas VIII D, VIII E dan VIII F. Keberhasilan PPL yang dilakukan praktikan tidak terlepas dari peran praktikan yang didukung oleh pihak sekolah, khususnya guru pembimbing serta dosen pembimbing lapangan (DPL). Oleh karena itu, harapannya program kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan pancasila.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 03:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36803

Actions (login required)

View Item View Item