LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 2 GAMPING Jalan Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman Telp. (0274) 641574

APIT INSASI, APIT INSASI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 2 GAMPING Jalan Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman Telp. (0274) 641574. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
APIT INSASI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SMP Negeri 2 Gamping telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 13 mahasiswa dari 7 program studi, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan IPS, Pendidikan IPA, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Seni Rupa, dan Pendidikan Seni Musik. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan analisis hari efektif, penyusunan program semester, program tahunan, silabus, pemetaan, dan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 10 Agustus Sampai dengan 12 September 2015, dilakukan sebanyak 23 kali pertemuan di kelas VII A, B, dan C serta kelas VIII A, B, dan C. Pokok bahasan yang diajarkan untuk kelas VII yaitu mengenai hakekat norma yang berlaku dalam masyarakat dan Hakekat Hukum, sedangkan untuk kelas VIII pokok bahasan yang diajarkan yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara serta materi tentang nilai-nilai Pancasila. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang memberikan respon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, Universitas Negeri Yogyakarta
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 20 Jul 2016 03:46
Last Modified: 20 Jul 2016 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36801

Actions (login required)

View Item View Item