Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II terhadap Keterampilan Kerja Sama dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kandangan Kalimantan Selatan

Muliyati, Sri (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II terhadap Keterampilan Kerja Sama dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kandangan Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-muliyati-10708259008.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II terhadap: (1) keterampilan kerja sama siswa; dan (2) pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Kandangan terbagi dalam 6 kelas yang seluruhnya berjumlah 173 siswa dengan sampel sebanyak 56 siswa yang terbagi dalam 2 kelas, yaitu 28 siswa untuk kelas eksperimen dan 28 siswa untuk kelas kontrol. lnstrumen pengumpulan data adalah soal tes tertulis, observasi, dan angket. Data dikumpulkan menggunakan tes dengan pemberian test pemahaman konsep, yang diberikan sebelum (pre) dan sesudah (post) pembelajaran, dan metode non tes melalui observasi keterampilan kerja sama yang dilaksanakan pada masing-masing kelas sampel berlangsung selama lima kali pertemuan. Angket diberikan sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen, observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II oleh guru dan siswa yang dilaksanakan pada kelas eksperimen, dan berlangsung selama lima kali pertemuan. Data yang diperoleh dianalisis dan diuji dengan statistik parametrik menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II terhadap keterampilan kerja sama siswa (p = 0,002). (2) Ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II terhadap pemahaman konsep fisika siswa (p = 0,003).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw II, keterampilan kerja sama, pemahaman konsep fisika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 03:07
Last Modified: 29 Jan 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36798

Actions (login required)

View Item View Item