PEMETAAN KEMAMPUAN GURU SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN OTENTIK

Sutarto, Sutarto and Jaedun, Amat (2015) PEMETAAN KEMAMPUAN GURU SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN OTENTIK. [Experiment/Research]

[img] Text
Abstrak Indo - English.docx

Download (20kB)
[img] Text
Laporan Penelitian DIPA UNY 2015.docx

Download (209kB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah memetakan kemampuan guru SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam aspek perencanaan dan pelaksanaan Penilaian Otentik (PO). Tujuan umum dari penelitian ini adalah peningkatan mutu profesi guru, khususnya guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang diharapkan akan berdampak pada meningkatnya mutu lulusan SMK. Populasi penelitian ini adalah guru di SMKN Program Keahlian Teknik Bangunan di DIY, yaitu: SMKN 2 Yogyakarta, SMKN 3 Yogyakarta, SMKN 2 Depok, SMKN 1 Seyegan, SMKN 2 Pengasih, dan SMKN 2 Wonosari. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 (tiga) guru untuk setiap paket keahlian dan ditentukan dengan teknik quota random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Validasi instrumen dilakukan melalui validitas logis melalui expert judgment. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, deskriptif kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan tiga hal berikut. Pertama, tingkat pemahaman guru SMK tentang konsep, prinsip-prinsip, prosedur, dan teknik penilaian objektif ada pada katagori baik ditunjukan dengan nilai rerata pemahaman sebesar 2,11 dalam rentang nilai 0-3. Kedua, tingkat kemampuan guru SMK dalam merencanakan penilaian objektif ada dalam katagori belum baik, yaitu sudah mulai merencakanan tetapi masih mengalami kesulitan. Hal ini ditunjukan dengan nilai rerata sebesar 1,38 dalam rentang nilai 0-3. Ketiga, tingkat kemampuan guru SMK dalam melaksanakan penilaian objektif ada dalam katagori sedang, yaitu sudah melaksanakan tetapi masih mengalami kesulitan. Hal ini ditunjukan dengan nilai rerata sebesar 1,85 dalam rentng nilai 0-3.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2015
Uncontrolled Keywords: kemampuan, guru, memahami, merencanakan, penilaian, otentik
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 20 Jul 2016 01:25
Last Modified: 16 Oct 2019 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36781

Actions (login required)

View Item View Item