Kontribusi Nilai Ujian Nasional dan Nilai Rapor SMP untuk Mata Pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA di Kota Surakarta

Saparini, Saparini (2012) Kontribusi Nilai Ujian Nasional dan Nilai Rapor SMP untuk Mata Pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA di Kota Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-saparini-10708251003.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: persentase kontribusi nilai Ujian Nasional (UN) dan nilai rapor SMP mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris secara bersama-sama terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA di kota Surakarta; persentase kontribusi masing-masing nilai tersebut secara parsial terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA; dan faktor yang lebih dominan antara nilai UN dan nilai rapor SMP terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah semua peserta didik SMA kelas X di kota Surakarta. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik stratifikasi porposional acak. Jumlah sampel sebanyak 347 peserta didik yang berasal dari 9 sekolah yaitu SMA N 3 Surakarta, SMA N 7 Surakarta, SMA N 8 Surakarta, SMA MTA, SMA Al Islam 1, SMA Islam 1, SMA Kristen 1, SMA Warga dan SMA Muhammadiyah 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Dokumen yang dikumpulkan adalah data nilai rerata rapor SMP semester 1, 2, 3,4 dan 5, data nilai UN SMP dan data nilai rapor SMA kelas X semester 1 mata pelajaran fisika. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai UN dan nilai rapor SMP untuk mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 47,4% terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA kelas X semester 1, sedangkan sisanya 52,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (2) Kontribusi masing-masing nilai tersebut secara parsial terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA kelas X semester 1 adalah sebagai berikut. (a) Nilai UN SMP IPA sebesar 1,5%. (b) Nilai UN SMP Matematika sebesar 3,61%. (c) Nilai UN SMP Bahasa Indonesia sebesar 1,29%. (d) Nilai UN SMP Bahasa Inggris sebesar 1,51%. (e) Nilai rapor SMP Matematika sebesar 1,74%. (f) Nilai rapor SMP Bahasa Indonesia sebesar 1,51%. (g) Nilai rapor SMP IPA dan Bahasa Inggris secara parsial memberikan hasil yang tidak signifikan. (3) Nilai UN SMP memberikan kontribusi yang lebih signifikan jika dibandingkan dengan nilai rapor SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai ujian nasional, nilai rapor, hasil belajar fisika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 09:43
Last Modified: 29 Jan 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36765

Actions (login required)

View Item View Item