LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMP NEGERI 1 TURI Alamat: Turi RT 01 RW 27 Donokerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, DIY

FEBRIANA DWI ARISKA, FEBRIANA DWI ARISKA (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMP NEGERI 1 TURI Alamat: Turi RT 01 RW 27 Donokerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, DIY. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Febriana Riska_Pendidikan Bahasa Indonesia.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) wajib ditempuh oleh semua mahasiswa Program Studi Pendidikan untuk semua jurusan. Kegiatan PPL dilaksanakan secara terbimbing yang penyelenggaraannya di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas tenaga pendidik, khususnya calon guru baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP N 1 Turi dan berlangsung selama kurang lebih satu bulan, sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 Agustus 2015. Dalam kegiatan PPL praktikan mengajar beberapa meteri pelajaran sesuai dengan bidangnya. Selama praktek mengajar praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas VIII B dan VIII C. Selain melakukan prektik mengajar, mahasiswa juga melakukan kegiatan non mengajar seperti upacara bendera dan upacara hari besar. Selain itu, praktikan juga menyusun RPP, silabus, piket harian, pembuatan media pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan soal evaluasi, dan membuat administrasi guru. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar. Praktikan melakukan praktik pembelajaran selama 12 kali dengan 6 kali pembelajaran pada kelas VIII B dan 6 kali pembelajaran pada kelas VIII C. Selama kegiatan pembelajaran tersebut materi yang disampaikan meliputi membaca memindai ensiklopedi, apresiasi drama, menulis drama, dan bermain peran. Secara umum pelaksanaan PPL di SMP Negeri 1 Turi berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak yang meliputi Dosen Pembimbing, Kepala Sekolah, Koordinator PPL, Guru Pembimbing, staff karyawan, dan semua siswa-siswi SMP N 1 Turi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: laporan; individu; ppl
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jul 2016 08:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36757

Actions (login required)

View Item View Item