CONTENT ANALYSIS KURIKULUM 2014 JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF (S1) FT UNY

Zainal, Arifin and Sukoco, Heru and Martubi, M.T (2015) CONTENT ANALYSIS KURIKULUM 2014 JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF (S1) FT UNY. [Experiment/Research]

[img] Text
Cover Laporan Content Kurikulum JPTO 1115.docx

Download (61kB)
[img] Text
Hal Depan Laporan Content Kurikulum 1115.docx

Download (30kB)
[img] Text
Laporan Content Analysis Curriculum 1115.docx

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis isi kurikulum 2013 (S1) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY dengan mengetahui perbedaan antara kurikulum 2009 dengan kurikulum 2014 JPTO FT UNY, mengetahui kesesuaian antara kurikulum 2014 JPTO FT UNY dengan visi,misi fakultas dan universitas, mengetahui kesesuaian antara isi kurikulum 2014 JPTO FT UNY dengan tuntutan kompetensi sebagai calon tenga pendidik di SMK dan tuntutan dunia industri. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi bagi pengelola jurusan dalam pengembangan kurikulum dan bagi dosen dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar baik teori maupun praktik. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif, serta tehnik penelitian menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. subyek penelitian adalah wakil kepala sekolah bidang bidang kurikulum, guru produktif dan stake holder pada dunia industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan antara kurikulum 2009 dengan kurikulum 2014 JPTO FT UNY terletak pada dasar penyusunannya, jika kurikulum 2009 berbasis kompetensi (KBK), sedangkan kurikulum 2014 berbasis KKNI (Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia) tahun 2014 dimana program S1 menurut Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia pada level 6. Kesesuaian antara kurikulum 2014 JPTO FT UNY dengan visi,misi fakultas dan universitas belum sesuai dengan misi fakultas, namun telah sesuai dengan misi dan visi universitas untuk menuju world class university. Kesesuaian antara isi kurikulum 2014 JPTO FT UNY dengan tuntutan kompetensi sebagai calon tenga pendidik di SMK dan tuntutan dunia industry, telah terakomodir pada semua mata kuliah dengan 4 (empat) ranah capaian pembelajaran meliputi sikap, pengetahuan, ketrampilan umum dan khusus yang telah terwakili oleh semua mata kuliah pada kurikulum 2014, sebagai tuntutan dan harapan baik dunai industry maupun dunia pendidikan

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2015
Uncontrolled Keywords: Curriculum, Content Analysis
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 19 Jul 2016 05:34
Last Modified: 19 Jul 2016 05:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36742

Actions (login required)

View Item View Item