Supahar, Supahar and Edi, Istiyono (2015) PENGEMBANGAN ASESMEN KINERJA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. [Experiment/Research]
|
Text
SUPAHAR_laporan penelitian hibah UNY.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrument yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja kemampuan soft skill dan hard skill peserta didik pada pembelajaran fisika SMA yang memenuhi persyaratan valid dan reliable, dan menerapkan asesmen kinerja berbasis STEM untuk mengukur kemampuan soft skill dan hard skill peserta didik SMA di lokasi penelitian. Keterampilan yang diukur meliputi keterampilan berfikir kritis, keterampilan berfikir kreatif, keterampilan teknologi, dan keterampilan literasi sains. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development 4-D yang dipadukan dengan prosedur tahapan pengembangan test menurut Dallo Antonio & Oriondo (1984) dengan sistematika pengembangan meliputi tahap (a) perencanaan, (b) uji coba, (c) validasi Instrumen, (d) pengukuran reliabilitas dan, (e) proses Interpretasi skor. Hasil penelitian diperoleh Asesmen kinerja yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dipadukan dengan tahap pengembangan instrumen tes oleh Antonio dan Oriondo telah mempunyai bukti valid dan reliable sebagai instrument penilaian kinerja berbasis STEM. Perangkat asesmen yang dikembangkan meliputi asesmen untuk softskill, yaitu berpikir kritis dan berpikir kreatif serta hardskill, yaitu keterampilan teknologi dan keterampilan literasi sains. Berdasarkan hasil pengukuran di lokasi penelitian diketahui bahwa kemampuan soft skill dan hard skill peserta didik di lokasi pengukuran SMA di DIY tergolong rendah.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | Laporan Penelitian Unggulan UNY 2015 |
Uncontrolled Keywords: | Asesman Kinerja, STEM, Mata Pelajaran Fisika, Soft skill, Hard skill |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 05:31 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 05:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36741 |
Actions (login required)
View Item |