PENGEMBANGAN ASESMEN KINERJA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA

Supahar, Supahar and Edi, Istiyono (2015) PENGEMBANGAN ASESMEN KINERJA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
SUPAHAR_laporan penelitian hibah UNY.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrument yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja kemampuan soft skill dan hard skill peserta didik pada pembelajaran fisika SMA yang memenuhi persyaratan valid dan reliable, dan menerapkan asesmen kinerja berbasis STEM untuk mengukur kemampuan soft skill dan hard skill peserta didik SMA di lokasi penelitian. Keterampilan yang diukur meliputi keterampilan berfikir kritis, keterampilan berfikir kreatif, keterampilan teknologi, dan keterampilan literasi sains. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development 4-D yang dipadukan dengan prosedur tahapan pengembangan test menurut Dallo Antonio & Oriondo (1984) dengan sistematika pengembangan meliputi tahap (a) perencanaan, (b) uji coba, (c) validasi Instrumen, (d) pengukuran reliabilitas dan, (e) proses Interpretasi skor. Hasil penelitian diperoleh Asesmen kinerja yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dipadukan dengan tahap pengembangan instrumen tes oleh Antonio dan Oriondo telah mempunyai bukti valid dan reliable sebagai instrument penilaian kinerja berbasis STEM. Perangkat asesmen yang dikembangkan meliputi asesmen untuk softskill, yaitu berpikir kritis dan berpikir kreatif serta hardskill, yaitu keterampilan teknologi dan keterampilan literasi sains. Berdasarkan hasil pengukuran di lokasi penelitian diketahui bahwa kemampuan soft skill dan hard skill peserta didik di lokasi pengukuran SMA di DIY tergolong rendah.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2015
Uncontrolled Keywords: Asesman Kinerja, STEM, Mata Pelajaran Fisika, Soft skill, Hard skill
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 19 Jul 2016 05:31
Last Modified: 19 Jul 2016 05:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36741

Actions (login required)

View Item View Item